An Exhibition Before Holiday Monochromatic Urban Design

Kemahasiswaan - 23 Desember 2019 - 12:00 AM

19-20 Desember 2019 - Sebelum mengakhiri kegiatan perkuliahan di semester 3, Mahasiswa dan Mahasiswi Perencanaan Wilayah dan Kota Angkatan 2018 mengadakan pameran maket yang bertempat di Selasar Gedung B, Kampus Institut Teknologi Kalimantan. Pameran ini diadakan sebagai pemenuhan Tugas Besar Ujian Akhir Semester (UAS) pada Mata Kuliah Perancangan Kota (Urban Design). Dengan mengusung Tema “Monochromatic Urban Design”, maket yang dipamerkan dibuat hanya dengan menggunakan warna monokrom. Terdapat 12 kelompok yang masing-masing terdiri dari 6-7 mahasiswa, untuk memamerkan maket perancangan kawasan sesuai sub-tema yang telah di tentukan. Sub-tema yang telah ditentukan, merupakan acuan dalam pemilihan lokasi studi dan perancangan kawasan yang diimplementasikan kedalam sebuah maket. Sub-Tema tersebut adalah Waterfront, Street, Building dan Square. Pameran ini dilaksanakan selama 2 hari, yang dimulai pada Kamis, 19 Desember 2019 hingga Jumat, 20 Desember 2019.

Pada hari pertama, pameran dimulai pada pukul 10.00 WITA dan berakhir pada pukul 17.00 WITA. Sedangkan pada hari kedua, pameran dimulai pada pukul 09.00 WITA dan berakhir pada pukul 15.00 WITA. Diawali dengan registrasi, special gift diberikan kepada 100 pengunjung pertama pada pameran ini. Selanjutnya, pengunjung dibebaskan untuk berkeliling pameran mengunjungi stand pameran maket tiap-tiap kelompok. Selain melihat pameran maket, pengunjung dapat membaca portofolio yang menjelaskan lebih detail tentang tema, konsep, proses analisis dan hasil perancangan yang diterapkan pada maket tersebut. Pengunjung juga dibebaskan untuk bertanya seputar perancangan maket dan portofolio pada stand tersebut. Penilaian maket dan portofolio dinilai oleh 3 orang dosen pengampu mata kuliah Perancangan Kota, yang memiliki latar belakang sebagai seorang arsitek yang berkompeten di bidang arsitektur. Selain penilaian yang dilakukan oleh 3 dosen pengampu, para pengunjung pameran diperbolehkan mengisi lembar voting dengan memilih 1 kelompok dari kelas A dan 1 kelompok dari kelas B. Voting ini dilakukan untuk memilih kelompok yang akan menjadi stand terbaik menurut pengunjung, berdasarkan maket dan portofolio yang dipamerkan.

Diharapkan, para pengunjung yang telah datang ke pameran dapat mengerti dan memahami secara umum bagaimana proses perancangan suatu kawasan dibuat. Terima kasih kepada dosen pengampu dan pengunjung yang telah datang, semoga ilmu yang didapat dapat bermanfaat. Sampai jumpa di pameran PWK selanjutnya dan selamat berlibur. (LPE, 2019)