Expo Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota

Internal - 15 Februari 2020 - 12:00 AM

8-9 Februari 2020 - Untuk kali pertama Institut Teknologi Kalimantan mengadakan acara ITK Open House yang berlangsung selama dua hari tepatnya pada tanggal 8 dan 9 Februari 2020. Acara ini diselenggarakan sebagai wadah bagi pelajar SMA di Kalimantan yang ingin merasakan atmosfer perkuliahan serta mencari informasi terkait program studi. Rangkaian acara ITK Open House, yaitu Kuliah Terbuka, ITK Bazaar, ITK Expo Program studi, dan ITK Expo Unit Kegiatan Mahasiswa.

Semua 14 program studi di ITK membuka stan pameran kecil, termasuk program studi Perencanaan Wilayah dan Kota. Stan PWK sendiri menghadirkan video-video terkait ke-PWK-an dan bentuk tugas kuliah yang tidak hanya laporan fisik, tapi dapat berupa vlog, video dokumentar, maket dan poster. Tidak lupa pembagian brosur bagi setiap pengunjung yang hadir.

Terdapat sejumlah pertanyaan dari pengunjung terkait apa itu PWK, perbedaan PWK dengan Teknik Sipil, prospek kerja, dan hal yang dipelajari. PWK sendiri merupakan program studi baru yang hadir di Kalimantan, bahkan hanya terdapat 2 program studi PWK di kampus-kampus Kalimantan, seperti ITK dan Universitas Tanjung Pura. Ilmu PWK pun luas bahkan juga termasuk ke dalam rumpun IPS, seperti sosiologi, ekonomi, geografi, kependudukan dan sejarah. Keunikan dari mahasiswa PWK sendiri yakni jarang berada di kampus. Hal ini pun banyak membuat pengunjung yang hadir dibuat tertarik, yaitu dengan jalan-jalannya. Setelah mempelajari teori-teori di kelas, mahasiswa PWK menerapkannya dengan terjun langsung ke lapangan. Survei menjadi kegiatan yang biasa dilakukan mahasiswa PK melalui pencarian data, audiensi ke masyarakat dan dinas pemerintahan, dengan lokasi yang berbeda di setiap semester dari satu kota ke kota lainnya.

Hasil keputusan Presiden terkait pemindahan Ibu Kota Indonesia ke Kalimantan Timur di daerah Sepaku, Penajam Paser Utara (PPU) menjadi peluang besar bagi lulusan PWK untuk ikut terlibat dalam perencanaan pembangunan dan penyediaan infrastruktur.