Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Kurikulum Merdeka Belajar Kurikulum Merdeka (MBKM) Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Tahun 2020

Internal - 13 November 2020 - 12:00 AM

Dalam rangka menyiapkan lulusan yang tangguh dalam menghadapi perubahan sosial, budaya, dunia kerja, dan teknologi yang semakin berkembang dengan pesat di era revolusi industri 4.0, kompetensi mahasiswa harus semakin diperkuat sesuai dengan perkembangan yang ada. Diperlukan adanya link and match antara lulusan pendidikan tinggi bukan hanya dengan dunia usaha dan dunia industri saja tetapi juga dengan masa depan yang semakin cepat mengalami perubahan. Berdasarkan hal tersebut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan telah memberlakukan kebijakan baru di bidang pendidikan tinggi melalui program “Merdeka Belajar  Kampus Merdeka (MBKM)” yang saat ini mulai diterapkan oleh perguruan tinggi.

Kebijakan Mendikbud tersebut berkaitan dengan pemberian kebebasan bagi mahasiswa untuk mengikuti kegiatan pembelajaran selama maksimum tiga semester belajar di luar program studi dan kampusnya. Kebijakan MBKM memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih luas dan kompetensi baru melalui beberapa kegiatan pembelajaran, salah satunya adalah pertukaran pelajar antar Program Studi pada Perguruan Tinggi yang sama dengan bobot SKS tertentu.

Kegiatan tersebut dapat dilakukan oleh mahasiswa dengan dibimbing dosen dan diperlukan adanya perjanjian kerja sama jika dilakukan bersama pihak di luar program studi. Kunci keberhasilan implementasi kebijakan MBKM di sebuah perguruan tinggi adalah adanya sebuah keberanian dalam mengubah pola pikir dari pendekatan kurikulum berbasis konten yang kaku menjadi kurikulum berbasis capaian pembelajaran yang adaptif dan fleksibel untuk menyiapkan mahasiswa menjadi insan dewasa yang mampu berdikari. Program studi ditantang dalam mengembangkan kurikulum yang adaptif dan mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman yang semakin pesat tanpa keluar dari tujuan dalam menghasilkan lulusan sesuai dengan capaian pembelajaran yang telah ditentukan.

Dalam rangka mendukung kegiatan tersebut, maka dilaksanakanlah kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Kurikulum Merdeka Belajar Kurikulum Merdeka (MBKM) Antara Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota dengan Program Studi Sistem Informasi, Informatika, Teknik Lingkungan, dan Arsitektur.