Kuliah Umum Assessment of Rural Resillience in a Changing Environment

Eksternal - 02 Maret 2020 - 12:00 AM

20 Febuari 2020 - “Rural Resillience” adalah kapasitas sebuah sistem yang tanggap terhadap bencana atau gangguan serta tetap bertahan dengan fungsi dan struktur yang sama. Dalam hal ini untuk daerah pedesaan dapat didefinisikan sebagai kapasitas dari wilayah serta komunitas di pedesaan untuk beradaptasi pada perubahan  lingkungan eksternal. Perlu juga mempertimbangkan keberlanjutan kehidupan pedesaan dengan mengukur seberapa jauh rural area secara simultan dapat menyeimbangkan ekosistem, ekonomi, dan fungsi sosial-budaya.

Bapak Iwan Rudiarto mengawali dengan memaparkan isu dan tantangan pedesaan di Indonesia, khususnya pada pedesaan dengan lansekap desa-gunung, desa-pesisir, dan desa-dataran. Dimana terdapat tantangan bencana yang dihadapi antara lain desa-gunung rentan terhadap erosi dan ekspansi lahan pertanian pada area gunung, desa-pesisir rentan terhadap banjir, dan desa-dataran yang rentan terhadap kekeringan. Tantangan tersebut disebabkan karena adanya perubahan lingkungan dan krisis iklim. Dijelaskan juga bahwa kehidupan pedesaan sangat bergantung pada kondisi lingkungan dan iklim untuk mendukung potensi desa—dalam hal ini pertanian, dimana pertanian yang sukses akan memberikan impact terhadap ketahanan pangan baik di pedesaan hingga perkotaan. Oleh sebab itu, perlu adanya upaya untuk membuat daerah pedesaan yang resilien. Dosen dari PWK Universitas Diponegoro tersebut juga menyampaikan langkah praktis yang dapat diaplikasikan dalam mendukung resiliensi, yaitu dengan menciptakan penggunaan lahan yang berkelanjutan melalui manajemen lahan yang melibatkan berbagai stakeholder. Bapak Iwan Rudiarto juga memaparkan hasil temuannya terkait rural resilient di pedesaan Jawa Tengah, dimana kesimpulan dari temuan penelitiannya adalah perubahan lingkungan dapat merubah tingkat kerentanan dan kebertahanan rural livelihood dan community.

Pada akhirnya, kuliah tamu ditutup dengan memberikan kenang-kenangan dari Dosen Perencanaan Wilayah dan Kota Institut Teknologi Kalimantan kepada Bapak Dr.sc.agr. Iwan Rudiarto S.T., M.Sc.