Manajemen Pengelolaan Data Objek Pajak

Eksternal - 27 Juni 2020 - 12:00 AM

Jumat Pagi 26 Juni 2020 Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota kedatangan tamu rombongan dari Badan Pengelola Pendapatan Dan Retribusi Daerah (BPPDRD) Kota Balikpapan (Dulu Dispenda). Rombongan BPPDRD dipimpin oleh Bapak Ilham selaku Kabid PBB bersama 4 orang pegawai lainnya. Rombongan disambut oleh Koordinator Prodi, Bapak Achmad Ghozali, S.T., M.T., Kepala Laboratorium, Ibu Mega Ulimaz, S.T., M.T., serta Bapak Umar Mustofa, M.Sc.
Pada kesempatan tersebut BPPDRD Kota menyampaikan perlunya manajemen data kaitannya dengan pengelolaan data objek pajak. Selama ini ternyata ada beberapa kendala dan indikasi pelaporan yang tidak sesuai oleh wajib pajak kepada pemerintah mengenai luasan lahan serta bangunan dengan maksud meminimalisir pajak. Oleh sebab itu diperlukan suatu sistem yang baik dengan mengintegrasikan teknologi penginderaan jauh, sistem informasi geografis, dengan sistem dan kebijakan perpajakan, sehingga diperoleh data lebih akurat.
Institut Teknologi Kalimantan sebagai lembaga akademik berusaha menjembatani serta terlibat aktif mengurai permasalahan tersebut. Maka diperlukan suatu usaha peningkatan SDM di lingkungan BPPDRD berkaitan dengan skill pemetaan dan manajemen data spasial.
Maka, dalam kesempatan pertemuan tsb diawali dengan brainstorming guna mengidentifikasi permasalahan apa saja yg dihadapi oleh BPPDRD berkaitan dengan pemetaan dan manajemen data. Selanjutnya berdasarkan permasalahan-permasalahan tersebut akan diuraikan cara-cara penyelesaiannya menurut latar belakang keilmuan di PWK untuk kemudian menyampaikan kepada BPPDRD dalam bentuk modul dan juga pelatihan.
Tentu tahapan ini masih sangat permulaan sekali dan semoga rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan dapat berjalan lancar dan baik serta dapat terjalin suatu sinergi antara Pemerintah Daerah dengan Institut Teknologi Kalimantan.