Penguatan Wawasan Kebencanaan Prodi PWK ITK Melalui Kunjungan dan Diskusi Bersama BPBD Kota Balikpapan

Eksternal - 16 Desember 2019 - 12:00 AM

11 Desember 2019 - Bencana saat ini telah menjadi bagian integral yang tidak dapat diabaikan dalam menyusun dokumen perencanaan. Oleh sebab itu pemahaman serta wawasan kebencanaan menjadi keniscayaan yang harus dimiliki oleh seorang perencana sehingga dapat menghasilkan dokumen perencanaan yang optimal. Manajemen Risiko Bencana merupakan salah satu mata kuliah pilihan pada Program Studi PWK ITK yang disusun untuk membekali mahasiswa terhadap wawasan kebencanaan. Salah satu bagian dari proses pembelajaran yang dilakukan adalah menyelenggarakan kuliah lapangan dengan mengunjungi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan. Kunjungan tersebut diharapkan dapat memberikan wawasan tambahan mengenai kebencanaan meliputi mitigasi, serta tanggap darurat dalam penanganan terhadap bencana.

Kegiatan kuliah lapangan diselenggarakan pada hari Rabu, 11 Desember 2019 di BPBD Kota Balikpapan. Kegiatan diikuti oleh 17 mahasiswa PWK ITK yang mengambil mata kuliah Manajemen Risiko Bencana. Rombongan didampingi dosen pembimbing lapangan Umar Mustofa, M.Sc. yang merupakan salah satu pengampu mata kuliah. Peserta kuliah lapangan diterima langsung oleh Bapak Suseno selaku Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kota Balikpapan. Peserta mendapat sambutan yang baik dari BPBD. BPBD Kota Balikpapan mengapresiasi kegiatan kuliah lapangan tersebut dan merasa sangat senang.

Pada kesempatan tersebut, BPBD memaparkan kejadian-kejadian bencana yang intesitasnya tinggi di Balikpapan diantaranya kebakaran lahan, banjir, dan longsor. BPBD juga memaparkan manajemen sumberdaya yang dimiliki guna menangani kejadian-kejadian bencana yang ada di Balikpapan. Mahasiswa PWK juga diberikan kesempatan untuk menayangkan video kegiatan survey lapangan mengenai penilaian risiko bencana di Kecamatan Balikpapan Selatan. BPBD Balikpapan sangat menghargai kegiatan tersebut sehingga berminat untuk bisa bekerja sama misalnya berbagi data untuk kepentingan mitigasi bencana.

Diharapkan pada masa mendatang kerjasama antara BPBD Kota Balikpapan dengan PWK ITK dapat terus terjalin baik kaitanya dalam manajemen kebencanaan di Kota Balikpapan.
Kenali Bahayanya, Kurangi Risikonya, Salam Tangguh.