Webinar TEN Days: Talk & Plan Days

Kemahasiswaan - 07 Oktober 2020 - 12:00 AM

Minggu, 4 Oktober 2020, telah diselenggarakan Webinar TEN Days: Talk & Plan Days yang merupakan kegiatan pertama yang dibuka untuk umum yang diselenggarakan oleh Mahasiswa PWK ITK Angkatan Tahun 2019. Adapun filosofi penamaan TEN Days: Talk and Plan Days ini dimulai dari harapan kami yang ingin menyelenggarakan sebuah acara yang dapat bermanfaat bagi masyarakat luas terkhusus mahasiswa PWK, sehingga dengan tema yang diangkat, kami berharap kegiatan ini dapat menjadi media dalam upaya menemukan alternatif penanganan isu ekonomi di masa pandemi saat ini melalui materi yang disampaikan oleh pemateri yang diwakili dengan kata “talk” dan perencanaan apa yang akan dilakukan oleh peserta setelah mendengarkan materi yang disampaikan yang diwakilii dengan kata "plan". Sehingga kami berharap hari ini akan benar-benar menjadi Talk and Plan Days bagi kita semua. Webinar ini diselenggarakan secara daring melalui Zoom Meeting dimulai dari pukul 13.30-16.00 WITA. Adapun tema Webinar TEN Days: Talk & Plan Days ini yaitu “Menilik Perekonomian Kota di Masa Pandemi dalam Sudut Pandang Planner.”

Perekonomian kota merupakan studi yang kompleks dimana ekonomi perkotaan, menurut Sullivan (2003), terbagi menjadi enam kategori antara lain:

  • Kekuatan pasar dalam perkembangan kota
  • Penggunaan lahan di dalam kota
  • Transportasi perkotaan
  • Masalahan perkotaan dan kebijakan publik
  • Perumahan dan kebijakan publik
  • Pengeluaran pemerintah daerah dan pajak

Dari keenam kategori tersebut menunjukkan bahwa perekonomian kota begitu memiliki peran yang penting dalam ketahanan kota, salah satunya yaitu dalam penanganan pandemi Covid-19. Dengan melihat isu perekonomian yang sedang terjadi di Indonesia selama masa pandemi di tahun 2020 ini, sudah pada taraf sangat mengkhawatirkan, dengan berita terbaru yaitu Indonesia telah mengalami resesi ekonomi pada kuartal III tahun 2020. Padahal perekonomian merupakan tonggak penting untuk mempertahankan Indonesia dari berbagai keadaan yang tidak diinginkan akibat dari pandemi ini. Sehingga dengan melihat urgenitas dari isu perekonomian ini, diangkatlah tema "Menilik Perekonomian Kota di Masa Pandemi dalam Sudut Pandang Planner."

     

Dengan tema tersebut, narasumber yang dihadirkan antara lain, Bapak Farid Nurrahman, S.T., M.Sc. (Tenaga Ahli Perencanaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat), Bapak Dr. Eng. Muhammad Sani Roychansyah, S.T., M.Eng. (Ketua Prodi S1 Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada Yogyakarta), serta Ibu Annisa Hadny, S.T. (Urban Designer-Arkom Institute). Kegiatan dipandu oleh MC (Master of Ceremony) yaitu Nelyana Pratiwi yang merupakan Mahasiswi PWK ITK Angkatan Tahun 2019 beserta moderator yaitu Virgilia Anna Gusti Pakalla yang merupakan Mahasiswi PWK ITK Angkatan Tahun 2018. Kegiatan terselenggara dengan cukup meriah, dengan dihadiri oleh Koordinator Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota ITK, Bapak Achmad Ghozali, S.T., M.T., dan Ketua HMP Astapolis ITK, Frigate Rario Yusuf, serta dihadiri sebanyak 622 peserta yang berasal dari berbagai instansi.