Diskusi Riset Internasional

Eksternal - 13 September 2022 - 12:00 AM

Jumat 9 September 2022 bertempat di Ruang Rapat LPPM Institut Teknologi Kalimantan dilangsungkan Diskusi Riset Internasional. Diskusi dihadiri oleh Dr. Sonia Roitman selaku tenaga pendidik di University of Queensland  beserta Dr. Peter Walters juga dihadiri oleh Bapak Rusli Cahayadi Ph.D selaku perwakilan dari BRIN. Para tamu kemudian disambut oleh Prof. Nurul Widiastuti, Ph.D. beserta jajaran LPPM meliputi Ketua LPPM, International Office, Kapus Kerjasama, dan Para Kepala Pusat Riset LPPM dan tentu diikuti oleh Ketua Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan, serta jajaran dosen Perencanaan Wilayah dan Kota.

Diskusi dimulai sekitar pukul 10.30 WITA dan dimoderatori oleh Kepala International Office, Dr. Musyarofah, M.Si. Kegiatan dibuka dengan pengantar oleh Prof. Nurul Widiastuti, Ph.D. sembari memperkenalkan unit-unit yang ada di LPPM yang berkaitan dengan Riset dan Kerjasama serta mendiskusikan potensi kerjasama riset yang dapat dibangun bersama antara ITK dengan BRIN dan University of Queensland. Diskusi disambung dengan perkenalan serta paparan mengenai minat riset serta riset yang tengah dikerjakan oleh Dr. Sonia dan Dr. Peter. Kegiatan diskusi berlangsung cukup cair terbukti dengan antusiasme setiap peserta diskusi untuk dapat saling memberikan feedback. Diantara materi yang dibahas adalah penelitian mengenai pemindahan IKN ke Kalimantan Timur serta kesiapan ITK dalam mendukung program tersebut.

Di penghujung diskusi Dr. Rusli menyampaikan bahwa BRIN membuka peluang untuk kerjasama riset dengan ITK serta perguruan tinggi di luar negeri yang hasil risetnya dapat sekaligus diklaim sebagai desertasi S3 bagi Dosen ITK. Peluang tersebut tentu sangat menarik bagi tenaga pendidik di ITK yang sebagiannya merupakan dosen muda yang tengah mengupayakan untuk dapat S3. peluang tersebut juga disambut dengan antusias oleh Ketua LPPM dan sangat berharap agar ITK dapat memperoleh akses terhadap program kerjasama penelitian dengan BRIN. (UM)